Langsung ke konten utama

Tiga Macam Roll

Apakah kamu tahu makanan satu ini? Jika aku beri tiga pilihan: egg roll, spring roll, dan summer roll, mana nama yang tepat untuk makanan di bawah ini?

Sumber: shutterstock.com

Jawaban yang benar adalah spring roll. Lalu, apa bedanya dengan egg roll dan summer roll?

Apa Itu Spring Roll?

Spring roll adalah salah satu kudapan yang terbuat dari isian sayur (tauge atau kubis) dan protein hewani (daging atau udang) yang dibalut kulit tipis. Kulit ini terbuat dari tepung terigu dan air. Spring roll disajikan setelah digoreng hingga kuning keemasan. Karena kulitnya yang tipis, makan ini sangat renyah bahkan kulitnya mudah hancur ketika digigit. Kalau di Indonesia, kulit spring roll mirip dengan kulit lumpia atau pisang aroma. 

Apa Perbedaan Spring Roll dengan Egg Roll?

Sumber: shutterstock.com

Egg roll dibuat dengan isian dan cara yang serupa dengan spring roll. Kalau kamu melihat gambar di atas, bisakah menemukan perbedaan spring roll dengan egg roll? Ya, kulitnya tampak tebal dan bertekstur. Kulit egg roll terbuat dari tepung terigu, air dan telur. Kalau di Indonesia, kulit egg roll mirip dengan kulit batagor.

Apa Itu Summer Roll?

Berbeda dengan kedua makanan di atas, summer roll disajikan dalam keadaan dingin dan tidak digoreng. Kulit summer roll terbuat dari tepung beras. Di dalamnya terdapat mi beras (mirip kwetiau), wortel, kubis, mentimun, dan udang. Bisa dibilang, summer roll mirip salad yang dilapisi kulit.

Sumber: shutterstock.com

Pengalamanku Mengenali Ketiga Macam Roll

Pertama kali aku mencoba spring roll ketika aku berkunjung ke rumah salah satu orang Indonesia yang tinggal di kota sebelah. Makanan ini terasa nikmat hingga tanpa sadar aku menghabiskan banyak spring roll di rumahnya. Sepulang dari sana, aku berniat ingin membuat sendiri makanan ini.

Karena aku tidak tahu bentuk kulitnya sebelum matang, aku hanya menebak saja. Ketika aku pergi ke toko bahan makanan dekat apartemen, aku membeli kulit berwarna puith yang pada pembungkusnya tertulis "spring roll rice papers".

Sumber: amazon.com
Ketika aku coba masukkan isian spring roll dan menggulung kulitnya, ia justru terasa lembek. Ketika aku goreng, bukannya menjadi renyah, justru tampak bergelembung seperti aci digoreng.

Kembali aku mencari kulit yang sesuai. Aku mengunjungi supermarket terdekat dan menemukan kulit dengan gambar pada pembungkusnya yang tampak menjanjikan. Aku masih mengira egg roll sama dengan spring roll.
Sumber: walmart.com
Ketika aku coba masak dengan menggorengnya, aku langsung teringat dengan batagor. Tekstur kulit ini mirip sekali dengannya. Masalahnya, karena kulit ini cukup tebal, bagian dalam kulit tampak kurang matang ketika digulung dan digoreng.

Kali ini, aku memilih mencari artikel tentang spring roll di Google. Ternyata, kulit spring roll hanya bisa ditemuka di toko asia dan hanya tersedia dalam keadaan beku. Pantas saja selama ini salah. Kulit putih yang pertama kali aku beli tampak kering dan mirip kerupuk sebelum digoreng. Sedangkan kulit yang aku beli selanjutnya, tampak tebal dan cukup disimpan di dalam kulkas.

Akhirnya, aku pergi ke toko asia yang jaraknya 25 km dari apartemen. Setelah menyusuri etalase lemari beku, aku menemukan kulit spring roll yang sebenarnya. Ternyata kulit ini sangat tipis. Jika aku tidak melepaskan selembar kulit dengan hati-hati, kulit itu pasti sobek.
Sumber: asianmarketnatick.com
Dari pengalaman dua kali gagal membuat spring roll, ternyata aku jadi merasakan sendiri dua macam roll yang lainnya. Namun, dari ketiga macam roll, aku tetap paling suka spring roll karena kulitnya yang renyah dan membuat ketagihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal TO Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di sini saya akan share soal TO khusus tashrif ayat Al-Quran beserta kunci jawabannya sebagai latihan. بسم الله الرحمن الرحيم    📚  Soal Try Out Sabtu  🖊                🖋 Angkatan 33 📒                   🗓 Sabtu,  5 - Mei -  2018 🕰 Pk. 16.00 sd 18.00 WIB 💦💦💦💦💦💦💦💦💦 Silahkan Tashrif Isthilahy Surah Ali Imran (3) Ayat 47 ➖ 56 ✍ Temukan sebanyak mungkin kata yang bisa ditashrif (kata yang tashrifnya sesuai dengan wazan yang telah kita pelajari). Bisa dalam bentuk fiil, mashdar, isim fail dan isim maful. ✍ Kata yang ditashrif hanya Fi'il Shahih, abaikan Fi'il Mu'tal (kecuali untuk Fi'il Tsulatsy Mazid yang mengandung Huruf Illah dan tidak mengubah bentuk tashrif, Silahkan ditashrif) ✍ Tugas antum menentukan FI'IL MADHI-nya, kemudian  TASHRIF ISHTILAHIY dari fiil madhi hingga fiil nahiy. Silakan coba dijawab dulu, berikut ini kunci jawabannya: 🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝 KJ TRY OUT SABTU

TO dan Ujian Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Tidak terasa sudah 5 minggu saya dan teman-teman peserta BISA Angkatan 33 mengikuti Program BISA. Ternyata, tidak mudah bertahan dalam grup dan terus melanjutkan pembelajaran. Hal ini terbukti hanya dengan tersisanya 12 tholibah di grup 33.12 dari yang asalnya 24 orang. Jadi program ini memang ketat dan disiplin dalam mendidik pelajarnya untuk bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula. Jangan khawatir, bagi pelajar yang bisa mengikuti materi dengan baik dan mengerjakan setiap tugas, TO, maupun ujian, insya Allah bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula ini dengan baik. Nah, syarat-syarat untuk mengikuti ujian Program BISA ini ada 2: 1. Mengikuti TO yang diselenggarakan di hari Sabtu/Minggu di pekan kelima (tanggal 5/6 Mei 2018) jam 15-18.30 WIB. 2. Menyetor hapalan 50 fi'il bebas (bab berapapun, boleh fi'il mu'tal) yang terdiri dari: fi'il madhy, fi'il mudhari, mashdar, beserta artinya. Boleh dicicil

Cover Sepatu dengan Rajutan

Karena ini cover so pasti sepatu hrs dr bhn yg lunak spy mudah di tusuk dg hook lancip uk no 10-12 merk rose Pilihan ada pd sepatu karet,,murah, bs di beli di pasar tradisional,,hrg sepasang bervariasi mulai 15rb ( trepes) hingga yg 35rb an ada hak nya  Sepatu gakbharus berlubang ,,polos juga bisa spt cth di (bawah) Benang yg dipakai adlah polychery dan sejenisnya atau nilon,,tp sy lbh suka polystwr krn lbh lentur dan gak sakit di tangan Hook yg dipakai no 2 atau 1 kalau merk rose ( saya belajar nya pake itu) maka spy gak sakit tangannya hook itu saya sambung dgn gagang sikat gigi Ok,,, saat kita.mau merajut,, sepasang sepatu karet, korek api buat memutus benang, hook kecil yg buat melubang dan hook yg utk merajut ( no 10 ) utk melubangi alas sepatu  Istilah mengesol ( membuat sol ) adalah menjahit sekeliling alas sepatu untuk cantolan saat merajut ke badan sepatu  Setelah sepatu di lubangi ( untuk.ngesol ) dengan benang yg sama utk dg.warna sepatu lbh baik, jarak.lubang