Langsung ke konten utama

Jualan Rajutan

1. Pemesanan
Bermula dari PM seseorang yang nanyakan harga topi rajut dan request topi warna hitam. Dia ternyata lihat topi crochet di awal aku ngerajut. Di PM itu aku bilang harga sekitar 180.000 utk ukuran dewasa. Pakai benang katun akrilik yang lebih tebal dan hangat, bentuknya slouchy (agak panjang). Aku memang ga taro harga di setiap post di IG, jadi kalo ada yg tanya2 harga langsung aku balas lewat PM. Di situ aku juga jelasin karakter benang karena mungkin aja kan yg nanya ga baca caption atau mungkin kurang teliti bacanya. Karena keliatan serius mau pesen, akhirnya aku kasih no WA juga supaya komunikasinya lebih mudah. Setelah beberapa saat, ternyata mbanya beneran WA aku dan berlanjutlah pesanan topi ini (yeaay alhamdulillah). Yang bikin aku senang adalah mba pemesan ini ga pake nego2 pas aku kasih harga, ga pake komen “kok mahal banget sih” hahaha. Dia pilih benang warna hitam dengan ukuran lingkar kepala 56 cm.
2. Pembelian benang
Saat nerima pesanan tsb, yang ada di pikiranku adalah ini bakal pake benang mayacraft, entah itu onzie atau nadya karena contoh topi yg aku buat pake benang ply besar. Pas di mayacraft ternyata benang nadya lagi diskon dan aku juga ada pesenan satu topi dewasa lain, akhirnya aku beli 5 glg dan dapet dobel diskon hehehe. Pas belanja benang ini juga sekalian belanja buat WS go girl, jadilah ongkirnya lebih murah (senangnyaaa). Kalo untuk wearable topi dan sepatu, aku lebih senang pake benang yg ada campuran akrilik atau serat susu. Aku bahkan ga pernah pake benang yang murni katun karena katun ga elastis.
Setelah benangnya sampai, yang aku lakukan adalah mencatat belanjaan tadi di buku catatan khusus belanjaan. Hal ini supaya memudahkan aku nentuin ongkir dari setiap benang yang akan dipakai karena ongkir tsb akan masuk ke dalam hitungan modal. 
Itu contoh lain kalo belinya banyak, aku bikinin tabel. Nah foto paling atas kan ada ditambah 6500. Itu ada biaya trf antar bank, aku masukan sbg ongkir. Kalo yg di bawah tanpa 6500 krn banknya sama
3. Persiapan
Mba ini kan pengennya topi seperti yang di atas, itu pakenya crochet. Tapi aku merasa topi ribbing kayak itu kurang rapi kalo dicrochet, akhirnya aku cari pola topi ribbing dengan knit. Dapatlah aku pola yang ukurannya hampir mirip dengan lingkar kepala mba pemesan. Aku bilang ke dia kalo nanti aku pake knit supaya hasilnya lebih rapi dan lebih melar dan ternyata dia lebih suka knit dibanding crochet, jadi aku bikin topinya dengan teknik knit. 
Aku juga catat detail pemesanan di buku khusus catatan pesanan dan pola. Mba2 bisa liat detailnya di foto di bawah ya. Aku selalu catat apa yang aku rajut supaya ada rekam jejaknya. Jadi, kalo suatu saat ada yg pesan rajutan serupa, aku bisa langsung liat tanpa harus ribet2 lagi nentuin detail pengerjaan. Kalopun aku memodifikasi pola rajut, catatan modifikasinya juga aku tulis di situ. Intinya semua catatan yang aku buat bertujuan supaya pekerjaanku lebih efisien.
 Bagian modal dan harga jual biasanya aku lengkapin setelah rajutan selesai, karena kan baru ketauan brp gulung benang yang habis. Untuk harga, aku pake rumus umum modal dikali 3. Bagian ukuran topi juga aku lengkapin terakhir, setelah rajutannya jadi.
4. Pengerjaan topi rajut
Di awal pemesanan, dia tanya kira2 bisa dikerjain berapa lama. Aku bilang insya allah sekitar satu minggu. Sebenernya dia mesen di awal januari tp karena waktu itu masih ada antrian orderan, aku bilang baru bisa bikin di akhir januari dan alhamdulillah dia ga masalah dan mau nunggu. Biasanya sih aku juga tanya mau buru2 dipake atau ga, kalo memang butuh cepat mungkin bisa aja aku kerjain di awal tp mungkin ada fee tambahan hehe. 
Sebelum ngerajut, aku bikin gaugenya dulu karena beda jenis benang dan supaya hasil akhirnya ga kegedean atau kekecilan. Terima kasih kepada audi yang udah rela aku gangguin untuk tanya2 tentang gauge ini *kiss*. Untuk pengerjaan topi ini ternyata hanya butuh dua hari karena ribbing ini udah sering aku bikin jadi lebih cepet ngerajutnya, ditambah lagi dengan benang worsted jadi cepet panjang aja itu topinya. Aku suka banget benang gede karena itu cepet jadi hahaha. Setelah jadi biasanya aku foto dan kirim ke calon empunya. Di sini aku seneng karena topinya jadi tp suka deg2an juga karena takut pembeli ga suka dengan hasil akhirnya. Alhamdulillah dia suka ternyata yeaayy.
5. Pengemasan
Sebelum dikemas, topinya aku foto dulu buat upload di IG. Diedit dan jangan lupa dikasih watermark (menghindari pencurian foto). Pengemasan aku sederhana, cuma pake kertas kado atau kertas coklat spt foto di bawah. Kertas pembungkusnya aku buat seperti paper bag (tutornya banyak di youtube). Selain topi, aku juga kasih hadiah berupa coaster (dapet ide ini dari mba2 HFWY, terima kasih *kiss*). Aku juga kasih semacam kartu ucapan terima kasih karena udah beli topi rajut di aku dan aku lebih seneng tulis tangan dibanding ketikan komputer atau mesin tik hehehe. Aku juga tambahin kartu ID merek dagangku Tata Rajut (sebenernya itu sisaan pas ikut bazar, daripada disimpen meding aku bagi2 hahaha).
6. Pengiriman
Untuk pengiriman biasanya aku pake JNE karena itu yang paling dekat dari rumah. Aku kirim topinya setelah dia transfer tagihan yang aku kasih dan disertakan bukti transfer. Setelahnya aku kirim foto resi. Biasanya sih ada yang kasih kabar kalo barangnya udah sampe. Nah, mba ini ga kasih kabar, ya aku berasumsi aja topinya sampai dengan selamat di rumah dia hehehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal TO Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di sini saya akan share soal TO khusus tashrif ayat Al-Quran beserta kunci jawabannya sebagai latihan. بسم الله الرحمن الرحيم    📚  Soal Try Out Sabtu  🖊                🖋 Angkatan 33 📒                   🗓 Sabtu,  5 - Mei -  2018 🕰 Pk. 16.00 sd 18.00 WIB 💦💦💦💦💦💦💦💦💦 Silahkan Tashrif Isthilahy Surah Ali Imran (3) Ayat 47 ➖ 56 ✍ Temukan sebanyak mungkin kata yang bisa ditashrif (kata yang tashrifnya sesuai dengan wazan yang telah kita pelajari). Bisa dalam bentuk fiil, mashdar, isim fail dan isim maful. ✍ Kata yang ditashrif hanya Fi'il Shahih, abaikan Fi'il Mu'tal (kecuali untuk Fi'il Tsulatsy Mazid yang mengandung Huruf Illah dan tidak mengubah bentuk tashrif, Silahkan ditashrif) ✍ Tugas antum menentukan FI'IL MADHI-nya, kemudian  TASHRIF ISHTILAHIY dari fiil madhi hingga fiil nahiy. Silakan coba dijawab dulu, berikut ini kunci jawabannya: 🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝 KJ TRY OUT SABTU

TO dan Ujian Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Tidak terasa sudah 5 minggu saya dan teman-teman peserta BISA Angkatan 33 mengikuti Program BISA. Ternyata, tidak mudah bertahan dalam grup dan terus melanjutkan pembelajaran. Hal ini terbukti hanya dengan tersisanya 12 tholibah di grup 33.12 dari yang asalnya 24 orang. Jadi program ini memang ketat dan disiplin dalam mendidik pelajarnya untuk bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula. Jangan khawatir, bagi pelajar yang bisa mengikuti materi dengan baik dan mengerjakan setiap tugas, TO, maupun ujian, insya Allah bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula ini dengan baik. Nah, syarat-syarat untuk mengikuti ujian Program BISA ini ada 2: 1. Mengikuti TO yang diselenggarakan di hari Sabtu/Minggu di pekan kelima (tanggal 5/6 Mei 2018) jam 15-18.30 WIB. 2. Menyetor hapalan 50 fi'il bebas (bab berapapun, boleh fi'il mu'tal) yang terdiri dari: fi'il madhy, fi'il mudhari, mashdar, beserta artinya. Boleh dicicil

Cover Sepatu dengan Rajutan

Karena ini cover so pasti sepatu hrs dr bhn yg lunak spy mudah di tusuk dg hook lancip uk no 10-12 merk rose Pilihan ada pd sepatu karet,,murah, bs di beli di pasar tradisional,,hrg sepasang bervariasi mulai 15rb ( trepes) hingga yg 35rb an ada hak nya  Sepatu gakbharus berlubang ,,polos juga bisa spt cth di (bawah) Benang yg dipakai adlah polychery dan sejenisnya atau nilon,,tp sy lbh suka polystwr krn lbh lentur dan gak sakit di tangan Hook yg dipakai no 2 atau 1 kalau merk rose ( saya belajar nya pake itu) maka spy gak sakit tangannya hook itu saya sambung dgn gagang sikat gigi Ok,,, saat kita.mau merajut,, sepasang sepatu karet, korek api buat memutus benang, hook kecil yg buat melubang dan hook yg utk merajut ( no 10 ) utk melubangi alas sepatu  Istilah mengesol ( membuat sol ) adalah menjahit sekeliling alas sepatu untuk cantolan saat merajut ke badan sepatu  Setelah sepatu di lubangi ( untuk.ngesol ) dengan benang yg sama utk dg.warna sepatu lbh baik, jarak.lubang