Langsung ke konten utama

Program Belajar Ilmu Sharaf - BISA

Bismillah...
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, saya masih dapat kesempatan untuk bisa menulis di media online dan berbagi dengan pembaca melalui tulisan yang masih sederhana ini. Teman-teman bisa baca topik lainnya (terutama jalan-jalan dan kehidupan sehari-hari) di medium saya.

Di blog ini insya Allah saya akan fokus membahas pengalaman, tips, dan share materi dari program Belajar Ilmu Sharaf dari BISA.

Ilmu Sharaf itu apa sih?

Ini adalah salah satu cabang ilmu dalam Bahasa Arab. Buat pemula dalam Bahasa Arab, terdapat 2 cabang ilmu yang wajib dikuasai, yaitu Ilmu Sharaf dan Ilmu Nahwu, supaya bisa membuat kalimat dalam Bahasa Arab yang memiliki arti dan sesuai dengan kaidahnya. Nah, di dalam Ilmu Sharaf, kita akan belajar perubahan bentuk kata dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Salah satu contohnya adalah dalam Bahasa Indonesia kita mengenal perubahan bentuk kata dari kata kerja ke kata benda untuk menunjukkan pelaku. Untuk kata kerja menulis, apabila diubah ke kata benda untuk menunjukkan pelaku maka menjadi penulis. Perubahan bentuk kata dalam Bahasa Indonesia dilakukan dengan menambah imbuhan, sedangkan dalam Ilmu Sharaf dilakukan dengan menambah huruf dan mengubah harakat.

Terus, BISA itu apa?

BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab) adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan Islam dan Bahasa Arab yang digagas oleh Ust. Khairul Umam, lulusan UI dan MEDIU. Salah satu programnya adalah belajar Ilmu Sharaf untuk Pemula yang dilakukan secara online melalui WhatsApp. Keunggulan program ini menurut saya sebagai salah satu tholibah (pelajar perempuan) adalah program ini bisa diikuti secara GRATIS dan sangat terstruktur. Terbukti program ini sudah berjalan (sampai hari ini) hingga 33 angkatan, dengan total peserta 21.000 dan total lulusan 11.000.

Program belajar Ilmu Sharaf untuk Pemula ini dilaksanakan selama total 8 pekan (dengan pekan pertama sebagai pekan percobaan) dan 2 pekan terakhir adalah pekan untuk try out dan ujian akhir.

Saya akan bahas secara singkat metoda belajarnya, insya Allah saya akan share materi secara detail di posting lainnya serta tips sukses dalam menjalani program ini.
Metoda belajarnya adalah di hari Jumat malam akan ada pembagian materi di grup berupa audio, link video di Youtube, gambar bagan, juga transkrip audio. Sabtu pagi jam 7 akan diberikan pertanyaan seputar materi yang dibagikan malam sebelumnya (Pemanasan Materi). Diberi batas waktu menjawab hingga jam 12 siang. Peserta yang memberikan jawaban yang benar, terlengkap, dan paling indah dari seluruh grup akhawat (perempuan) maupun ikhwan (laki-laki) akan mendapatkan hadiah pulsa.

Minggu sore jam 4-5.30 akan diadakan muhadharah (pertemuan) untuk diskusi materi. Wajib hadir dengan mengisi presensi (mulai jam 3.30). Apabila berhalangan hadir atau hadirnya telat, harus memberitahu musyrif/musyrifah mengenai izin syar'i nya. Selesai muhadharah akan diberi tugas untuk pekan itu dalam bentuk hapalan yang direkam dan tugas tertulis yang bisa ditulis sesuai format lalu di scan atau diketik. Batas pengumpulan tugas adalah hari Jumat jam 18:00. Tetapi ada toleransi hingga pukul 23:59 dengan pemotongan nilai 20%.

Konsekuensi dari mengikuti program ini cukup ketat. Apabila tidak mengerjakan 2 tugas dalam 1 pekan, otomatis langsung DO (drop out) dan dikeluarkan dari grup, serta memiliki kewajiban untuk infaq seikhlasnya. Apabila tidak mengerjakan 3 tugas di pekan berbeda, juga akan di-DO. Itu sebabnya hanya sekitar 50% total peserta yang berhasil lulus. Meskipun program ini gratis, tapi program ini bukan main-main. Hanya untuk orang-orang yang serius belajar Ilmu Sharaf.

Untuk tholib/tholibah yang mengumpulkan tugas dengan nilai mumtaz (di atas 90) dan paling cepat dalam 1 grup akan ditandai dengan cendol. Tanda hijau ini nanti akan bermanfaat ketika pelajar tersebut bisa mencapai nilai akhir sempurna atau 100. Peraih nilai sempurna dari setiap kelas akhawat dan ikhwan akan dilihat, mana yang lebih banyak mengumpulkan cendol. Peraih nilai sempurna dengan cendol terbanyak akan mendapatkan hadiah kamus Bahasa arab Al-Munawwir serta musyrif/musyrifah dari pelajar tersebut dan pelajar itu diberikan kehormatan mengikuti program Sharaf premium (yang harusnya berbayar Rp250.000) dengan CUMA-CUMA! Program Sharaf premium ini merupakan program lanjutan BISA yang membahas Ilmu Sharaf lebih dalam sampai tuntas dengan masa belajar 6 bulan.

Oh iya, setiap hari Senin dan Kamis jam 8 malam ada KUBIS (Kuis BISA). Yaitu pertanyaan seputar materi pekan itu. Tholib/tholibah yang bisa menjawab paling cepat dari seluruh grup akan mendapatkan hadiah pulsa. Alhamdulillah, saya sudah pernah menjadi yang tercepat sebanyak 2x (meskipun dapat hadiahnya 1x saja hehe, untuk pemerataan). Nanti akan saya berikan tips supaya bisa memenangkan tantangan ini. Program ini sangat menarik, kan?

Setiap minggu juga ada materi tematik, semacam ceramah dalam bentuk tulisan dengan tema tertentu, biasanya menyangkut kegiatan belajar dalam pandangan Islam. Insya Allah, materi ini juga akan saya share di postingan lainnya.

Gimana? Tertarik belajar Bahasa Arab? Merasa tidak punya waktu untuk datang ke tempat khusus belajar Bahasa Arab? Ikutan program ini saja. Tinggal duduk manis di rumah, tempat kerja, atau sekolah, lalu nikmati materinya dan kerjakan tugasnya. Kalau mau yang level tantangannya lebih tinggi, menangin KUBIS, pemanasan materi, dan dapatkan grand prize sebagai lulusan terbaik dalam 1 angkatan. Tapi inget, niatnya belajar ya, untuk mendapatkan ridho dari Allah swt., bukan karena hadiahnya yaa. Supaya belajarnya jadi berkah dan terus diulang supaya tidak lupa dengan materinya. Inilah alasannya saya juga akan menuliskan materinya di blog, supaya saya tidak lupa dengan apa yang sudah saya pelajari.

Sudah memantapkan diri untuk ikut program ini? Silakan cek infonya di fanpage FB Belajar Islam dan Bahasa Arab-BISA. Karena peserta yang mendaftar biasanya mencapai 2000 orang, proses pemasukan pelajar ke grup kelas biasanya rampung 2-3 hari sebelum masa pembelajaran dimulai. Mohon sabar saja ya! Kesabaran Anda sangat bernilai dan pasti terbayar ketika mengikuti program ini dengan baik.

Untuk sementara segini dulu yang mau saya tulis. Nantikan di posting berikutnya ya!

Wassalamu'alaikum...

Komentar

  1. :D
    Angkatan brapa ukhti?
    Saya di angkatan 36,
    Besok udah try out :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya angkatan 33. wah, sudah ikut BINREG sekarang ya?

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal TO Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di sini saya akan share soal TO khusus tashrif ayat Al-Quran beserta kunci jawabannya sebagai latihan. بسم الله الرحمن الرحيم    📚  Soal Try Out Sabtu  🖊                🖋 Angkatan 33 📒                   🗓 Sabtu,  5 - Mei -  2018 🕰 Pk. 16.00 sd 18.00 WIB 💦💦💦💦💦💦💦💦💦 Silahkan Tashrif Isthilahy Surah Ali Imran (3) Ayat 47 ➖ 56 ✍ Temukan sebanyak mungkin kata yang bisa ditashrif (kata yang tashrifnya sesuai dengan wazan yang telah kita pelajari). Bisa dalam bentuk fiil, mashdar, isim fail dan isim maful. ✍ Kata yang ditashrif hanya Fi'il Shahih, abaikan Fi'il Mu'tal (kecuali untuk Fi'il Tsulatsy Mazid yang mengandung Huruf Illah dan tidak mengubah bentuk tashrif, Silahkan ditashrif) ✍ Tugas antum menentukan FI'IL MADHI-nya, kemudian  TASHRIF ISHTILAHIY dari fiil madhi hingga fiil nahiy. Silakan coba dijawab dulu, berikut ini kunci jawabannya: 🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝 KJ TRY OUT SABTU

TO dan Ujian Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Tidak terasa sudah 5 minggu saya dan teman-teman peserta BISA Angkatan 33 mengikuti Program BISA. Ternyata, tidak mudah bertahan dalam grup dan terus melanjutkan pembelajaran. Hal ini terbukti hanya dengan tersisanya 12 tholibah di grup 33.12 dari yang asalnya 24 orang. Jadi program ini memang ketat dan disiplin dalam mendidik pelajarnya untuk bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula. Jangan khawatir, bagi pelajar yang bisa mengikuti materi dengan baik dan mengerjakan setiap tugas, TO, maupun ujian, insya Allah bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula ini dengan baik. Nah, syarat-syarat untuk mengikuti ujian Program BISA ini ada 2: 1. Mengikuti TO yang diselenggarakan di hari Sabtu/Minggu di pekan kelima (tanggal 5/6 Mei 2018) jam 15-18.30 WIB. 2. Menyetor hapalan 50 fi'il bebas (bab berapapun, boleh fi'il mu'tal) yang terdiri dari: fi'il madhy, fi'il mudhari, mashdar, beserta artinya. Boleh dicicil

Cover Sepatu dengan Rajutan

Karena ini cover so pasti sepatu hrs dr bhn yg lunak spy mudah di tusuk dg hook lancip uk no 10-12 merk rose Pilihan ada pd sepatu karet,,murah, bs di beli di pasar tradisional,,hrg sepasang bervariasi mulai 15rb ( trepes) hingga yg 35rb an ada hak nya  Sepatu gakbharus berlubang ,,polos juga bisa spt cth di (bawah) Benang yg dipakai adlah polychery dan sejenisnya atau nilon,,tp sy lbh suka polystwr krn lbh lentur dan gak sakit di tangan Hook yg dipakai no 2 atau 1 kalau merk rose ( saya belajar nya pake itu) maka spy gak sakit tangannya hook itu saya sambung dgn gagang sikat gigi Ok,,, saat kita.mau merajut,, sepasang sepatu karet, korek api buat memutus benang, hook kecil yg buat melubang dan hook yg utk merajut ( no 10 ) utk melubangi alas sepatu  Istilah mengesol ( membuat sol ) adalah menjahit sekeliling alas sepatu untuk cantolan saat merajut ke badan sepatu  Setelah sepatu di lubangi ( untuk.ngesol ) dengan benang yg sama utk dg.warna sepatu lbh baik, jarak.lubang