Langsung ke konten utama

Catatan Program Tilawah Imsis

Alhamdulillah setelah lulus level I'dad, lalu Mutqin, sekarang saya masuk level Tilawah, bagian dari program Tahsin IMSA Sister. Berbeda dengan level sebelumnya, kali ini pembelajaran berfokus pada tilawah Al-Quran. 


Pertemuan Pertama

Pada pertemuan ini, Selasa 2 September 2025, kegiatan yang dilakukan sebagai berikut:

1. Baca buku Iqro 1 satu halaman bergantian untuk mengecek makhrijul huruf

2. Talqin surat pendek dari juz 30. Hari ini surat An-Nas

3. Guru menyimak tilawah murid sesuai dengan halaman terakhir biasanya murid membaca Al-Quran (setiap murid mungkin berbeda). Pilihan ayat yang dibaca mulai dari Al-Baqarah sampai juz 27. Murid diminta membaca satu halaman. 

Pada level ini, kehadiran dihitung. Maksimal tidak hadir 3x. Kalau lebih dari itu, harus ngulang level Tilawah lagi. Terus kalau sampai cuti dua gelombang, harus mulai dari level I'dad lagi. Jadi daripada ngulang level, kalau memang gak bisa hadir, lebih baik minta ganti hari ke guru. 

Catatan talqin An-Nas:

Pada surat ini ada banyak gunnah musyaddadah (gunnah kuat) yaitu pada nun tasydid. Meskipun tidak ada aturan resminya, sebaiknya dengung nun tasydid ditahan sekitar 2,5 - 3 harakat supaya konsisten. 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tertukarnya makhrijul huruf أ dan ع pada أعوذ.

Selanjutnya, pada huruf-huruf yang bersifat rokhowah seperti س ث ش memiliki suara mendesis sebelum berharakat. Nah, ketika berharakat sukun sebaiknya tidak terburu-buru memindahkan lidah supaya tidak terdengar memantul. 

Dengung ketika ن mati bertemu ش adalah dengan menempatkan lidah di makhrijul huruf ش sambil berdengung. 

Makhrijul huruf ش adalah bagian tengah lidah cukup dekat dengan langit-langit tetapi ada celah. Pada huruf ي, celahnya lebih besar. Pada huruf ج, tidak ada celah. 

Catatan tilawah:

Saya memulai tilawah dari Al-Baqarah ayat 1 sampai 10. Alhamdulillah, guru saya, Mba Nurul mengatakan bahwa nafas saya sudah lebih panjang dibanding dulu (karena sempat libur 3 bulan). Beliau sampai tidak kuat mengikuti saya. Sepertinya saya terlalu sering bernyanyi untuk setoran Tamyiz 😄

Setiap murid diberi PR membaca sendiri Al-Quran melanjutkan ayat terakhir sebanyak 3-5 halaman perhari lalu setor batas ayat terakhir hari Senin sore.


Pertemuan Kedua

Pada pertemuan ini, Selasa 9 September 2025, kegiatan yang dilakukan mirip seperti minggu sebelumnya. Berikut ini catatan talqin Al-Falaq:

Titik berat surat ini adalah qalqalah besar (qalqalah kubra). Qalqalah di akhir ayat di sini tidak perlu ditahan karena huruf-hurufnya tidak bertasydid. Qalqalah huruf ب jangan sampai ada angin keluar. 

Pada lafadz basmalah, ada dua huruf rokhowah yang sukun, yaitu س dan  ح. Harus terdengar jelas "hh" dan "ss" nya. 

Pada lafadz شرِّ , ro dibaca tarqiq (tipis) karena berharakat kasrah. 


Pertemuan Ketiga

Pada pertemuan ini, Selasa 16 September 2025, kegiatan yang dilakukan hanya membaca iqra dan tilawah masing-masing. 


Pertemuan Keempat

Pada pertemuan ini, Selasa 23 September 2025, kegiatan yang dilakukan sebagai berikut:

1. Baca iqra halaman ج ح خ

2. Talqin surat Al-Ikhlas

3. Tilawah masing-masing


Catatan talqin Al-Ikhlas:

Penekanan surat ini adalah qalqalah. Pada lafadz هو الله  pastikan bibir dimonyongkan pada wau dan lafadz jalalahnya tafkhim (tebal). 

Kalau ayat 1 dan dua dilanjut tanpa berhenti maka cara bacanya menjadi: احدُ نِ الله  (ingat cara membaca tanwin bertemu hamzah washal. Tanwin menjadi harakat biasa ditambah nun kasrah). 


Catatan tilawah:

نّ ku ternyata gak di makhrajnya 


Pertemuan Kelima

Pada pertemuan ini, Selasa 30 September 2025, kegiatan yang dilakukan sebagai berikut:

1. Baca iqra halaman د ذ ر ز. Huruf ذ jangan sampai ada nafas yang keluar. 

2. Talqin surat Al-Lahab

3. Tilawah masing-masing


Catatan talqin Al-Lahab:

تبّت ingat ت ada hams. 

يدآ panjangnya 4/5 harakat. 

بٍ وَتبّ ingat tanwin bertemu و ada dengung sambil memonyongkan bibir sempurna dan dengungnya sampai di hidung (bukan cuma di mulut). Tapi pas nyebutin وَ jangan masih berdengung. 

بّ ditahan sebentar sebelum dilepaskan qalqalahnya karena ada tasydid. 


Catatan tilawah:

Pada lafadz الحقّ yang bukan di akhir ayat, qalqalah tidak perlu ditahan terlalu lama. 

Pada lafadz يُحَآجُّوكم panjangnya 6 harakat lalu nabr pada ج. 


Pertemuan Keenam

Pada pertemuan ini, Selasa 7 Oktober 2025, kegiatan yang dilakukan sebagai berikut:

1. Baca iqra halaman س ش. Huruf ز harus mengalir zzz-nya jangan sampai putus. 

2. Talqin surat An-Nashr

3. Melanjutkan tilawah masing-masing


Catatan surat An-Nashr:

Berhenti di dua sukun: sempurnakan sukun yang pertama. Pas di والفتح jadi ucapkan fat-h. 

Mad iwad, fathatain di waqafkan harus 2 harakat. Maka samakan saja panjangnya antara waa dan jaa di افواجا

Ingat juga berhenti di dua sukun: واستغفره

ورايت hamzahnya harus terdengar jelas wara ayta. Jangan jadi warayta

Juga huruf د jangan jadi medok. Letakkan ujung lidah di belakang dua gigu seri atas


Pertemuan Ketujuh

Pada pertemuan ini, Selasa 14 Oktober 2025, kegiatan yang dilakukan sebagai berikut:

1. Baca iqra halaman ص ض. Ingat ض punya sifat istitholah yang agak mengayun gitu
2. Talqin surat Al-Kafirun

Catatan surat Al-Kafirun:
1. رُن di akhir ayat, ru hanya tebal saat menyebutkan pertama tapi madnya gak tebal. Karena mad itu di rongga mulut. Kecuali huruf ro berharakat fathah, maka sepanjang mad juga tafkhim
2. قل lamnya jangan sampai ikutan tebal gara2 ق nya tebal
3. انا di atas alif pemanjang na ada tanda sifr. Kalau dibaca lanjut, gak panjang. Kalau berhenti di situ jadi panjang 2 harakat
4. ايّها kan ada nabr di ya tasydid. Jangan sampai ay-nya terputus karena mau ngejar nabr. Mending nabrnya biasa aja tapi mengalir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal TO Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di sini saya akan share soal TO khusus tashrif ayat Al-Quran beserta kunci jawabannya sebagai latihan. بسم الله الرحمن الرحيم    📚  Soal Try Out Sabtu  🖊                🖋 Angkatan 33 📒                   🗓 Sabtu,  5 - Mei -  2018 🕰 Pk. 16.00 sd 18.00 WIB 💦💦💦💦💦💦💦💦💦 Silahkan Tashrif Isthilahy Surah Ali Imran (3) Ayat 47 ➖ 56 ✍ Temukan sebanyak mungkin kata yang bisa ditashrif (kata yang tashrifnya sesuai dengan wazan yang telah kita pelajari). Bisa dalam bentuk fiil, mashdar, isim fail dan isim maful. ✍ Kata yang ditashrif hanya Fi'il Shahih, abaikan Fi'il Mu'tal (kecuali untuk Fi'il Tsulatsy Mazid yang mengandung Huruf Illah dan tidak mengubah bentuk tashrif, Silahkan ditashrif) ✍ Tugas antum menentukan FI'IL MADHI-nya, kemudian  TASHRIF ISHTILAHIY dari fiil madhi hingga fiil nahiy. Silak...

Pekan Percobaan Ilmu Sharaf - BISA

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di postingan ini insya Allah saya akan share materi di pekan percobaan. Sebelum itu, saya akan memberitahu dulu orang-orang yang berada di dalam grup kelas, pembagian grup kelas beserta fungsinya, dan perbedaan pelajaran pekan ini dengan pekan lainnya. Grup kelas dibagi 2, khusus akhawat dan khusus ikhwan. Di dalam grup kelas utama, yang bertindak sebagai admin, adalah muraqib/muraqibah (saya sebut 2 istilah untuk laki-laki dan perempuan). Tugas mereka adalah membagikan materi dan soal pemanasan materi di grup utama serta mengawasi keberjalanan grup kelas. Lalu, ada musyrif/musyrifah yang bertugas menjawab pertanyaan ketika muhadharah, mengoreksi tugas, dan mengurus secara langsung tholib/tholibahnya. Yang terakhir, pastinya ada pelajar, yang jumlahnya sekitar 25 orang. Jumlah ini biasanya menipis setiap minggu hingga bersisa belasan orang. Tapi tenang, kalau serius menjalaninya, insya Allah bisa dan mudah. Jadi, sebag...

Kunci Jawaban Waajibaat Pekan Kelima Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Sudah coba mengerjakan tugas pekan ketiga ini? Sekarang, silakan cek jawabannya. 1 🎙 Tugas Hafalan Silakan hapalkan tashrifnya sesuai dengan arah panah pada tabel berikut ini. Juga pilih satu mauzun untuk masing-masing bab. 2 📖 Tugas Tulisan KJ WAAJIBAAT PEKAN 5 ANGKATAN 33 ▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪ 🖋STANDAR PENILAIAN Nilai 4⃣ untuk setiap kata yang benar. Artinya, harus benar 2⃣5⃣ kata untuk mendapatkan nilai mumtaz 💯.  Bila benar tashrifnya, tapi salah harakatnya atau ada yg kurang, maka poin 4 bisa dikurangi menjadi 3.5, 3, 2.5, 2, 1.5, 1, 0.5 atau sesuai kebijaksanaan Musyrif/ah ▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪ 🍏QS. Ash-shaaffaat : 1 وَالصَّافَّاتِ صَفًّا Tidak ada 🍏QS. Ash-shaaffaat : 2 فَالزَّاجِرَاتِ زَجْرًا 1⃣ الزَّاجِرَاتِ Isim fa'il jamak muannats salim dari زَجَرَ 2⃣ زَجْرًا Mashdar dari زَجَرَ 🍏QS. Ash-shaaffaat : 3 فَالتَّالِيَاتِ ذِكْرًا 3⃣ ذِكْرً...