Langsung ke konten utama

Makhrijul Huruf Qof, Kaf, dan Wau, I'dad Tahsin IMSA Sister (Pertemuan Kesembilan)

Bismillahirrahmanirrahim.

Pertemuan kesembilan pada Hari Sabtu, 20 April 2024 dimulai pukul 7:00 am sampai 8:30 am EST. Materi dimulai dengan membahas jadwal pertemuan selanjutnya dan ujian, yaitu pada tanggal 26 Mei 2024. Selanjutnya, mentor mengulang kembali sifat huruf Assyafatain: fa (ف), mim (م), dan ba (ب). Lalu, materi dilanjutkan dengan membahas makhrijul huruf wau (و), qof (ق), dan kaf (ك).

Huruf Assyafatain

Merupakan huruf yang melibatkan bibir (huruf dua bibir). Huruf-huruf yang termasuk dalam golongan ini adalah fa (ف), mim (م), ba (ب), dan wau (و).

Review Makhrijul Huruf Fa (ف)

Tempat keluarnya antara dua gigi seri atas dengan bibir bawah (bibir bagian dalam, yang bukan kena lipstik). Huruf fa memiliki beberapa sifat, antara lain hams (kalau ditaroh tisu di depan mulut, bisa terbang tisunya), rokhowah (mengalir), istifal, dan infitar.

Review Makhrijul Huruf Mim (م)

Tempat keluarnya dengan merapatkan bibir atas dan bawah. Sifat yang perlu diperhatikan dari huruf mim adalah gunnah. Mim punya sifat gunnah musyaddadah, yaitu gunnah yang paling kuat ketika berharakat tasydid (seperti nun tasydid). Saat mengucapkan mim tasydid, degung harus ditahan dulu hingga terasa dengung di hidung, tidak hanya dengung di mulut. Untuk mengetahui dengung sampai kehidung, kita bisa memencet hidung. Apabila kita tidak bisa membunyikan suara apapun, berarti sudah benar.

Review Makhrijul Huruf Ba (ب)

Makhrijul huruf ba sama dengan mim, tetapi tanpa dengung dan tekanannya lebih kuat.

Makhrijul Huruf Wau (و)

Tempat keluar

Dua bibir dibulatkan (dimonyongkan) dengan tetap ada rongga padanya sebagai jalan keluar suara.

Sifat Huruf Wau:

1. Istifal dan infitah: pangkal lidah tidak terangkat
2. Rokhowah: suara mengalir lepas tanpa disiap-siapkan terlebih dahulu
3. Ismat: pengucapannya harus hati-hati
4. Jahr: jelas
5. Tarqiq: tipis, rongga mulut tidak dipenuhi udara

Bagan Langit-langit dan Lidah



Makhrijul Huruf Qof (ق)

Tempat keluar

Pangkal lidah bertemu dengan langit-langit berdaging/lembut, di belakang lagit-langit keras/bertulang.

Sifat Huruf Qof:

1. Isti'la: pangkal lidah diangkat
2. Infitah: lidah bagian tengah tidak diangkat
2. Syiddah: dipastikan makhrajnya benar
3. Ishmat: pengucapannya harus hati-hati
4. Jahr: jelas
5. Tafkhim: tebal, rongga mulut dipenuhi rongga udara
6. Qalqalah: dipantulkan ketika qof berharakat sukun

Makhrijul Huruf Kaf (ك)

Tempat keluar

Pangkal lidah bertemu langit-langit berdaging dan langit-langit bertulang (yang keras). Jadi, lebih banyak bagian lidah yang bertemu langit-langit dibanding qof.

Sifat Huruf Kaf:

1. Istifal dan infitah: pangkal lidah tidak terangkat
2. Syiddah: dipastikan makhrajnya benar
3. Ismat: pengucapannya harus hati-hati
4. Hams: ada hembusan udara
5. Tarqiq: tipis, rongga mulut tidak dipenuhi udara

Cara mengucapkan kaf mirip dengan huruf "K" dalam Bahasa Inggris yang disertai hembusan udara.

Insya Allah pertemuan minggu depan akan membahas huruf nun, ha, dan ya.

Penutup

Pada penghujung pertemuan, mentor memberi wejangan soal apakah saat kita membaca Kalamullah, sudahkah dipahami maknanya? Contohnya, kalimat "Allahu Akbar". Sudahkah hati kita menganggap semua hal lebih kecil dibanding Allah? Padahal kan kita bilang "Allah Maha Besar". 

Maka, tidak heran jika membaca satu huruf Al-Quran memiliki banyak kebaikan karena untuk membaca satu huruf saja kita perlu memperhatikan makhrijul hurufnya dan tajwidnya. Belum lagi ketika kita memahami maknanya. Semoga kita termasuk orang-orang yang terus berusaha mempelajari Al-Quran, baik dalam hal membacanya, memahami maknanya, juga mengamalkannya. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal TO Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di sini saya akan share soal TO khusus tashrif ayat Al-Quran beserta kunci jawabannya sebagai latihan. بسم الله الرحمن الرحيم    📚  Soal Try Out Sabtu  🖊                🖋 Angkatan 33 📒                   🗓 Sabtu,  5 - Mei -  2018 🕰 Pk. 16.00 sd 18.00 WIB 💦💦💦💦💦💦💦💦💦 Silahkan Tashrif Isthilahy Surah Ali Imran (3) Ayat 47 ➖ 56 ✍ Temukan sebanyak mungkin kata yang bisa ditashrif (kata yang tashrifnya sesuai dengan wazan yang telah kita pelajari). Bisa dalam bentuk fiil, mashdar, isim fail dan isim maful. ✍ Kata yang ditashrif hanya Fi'il Shahih, abaikan Fi'il Mu'tal (kecuali untuk Fi'il Tsulatsy Mazid yang mengandung Huruf Illah dan tidak mengubah bentuk tashrif, Silahkan ditashrif) ✍ Tugas antum menentukan FI'IL MADHI-nya, kemudian  TASHRIF ISHTILAHIY dari fiil madhi hingga fiil nahiy. Silakan coba dijawab dulu, berikut ini kunci jawabannya: 🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝 KJ TRY OUT SABTU

TO dan Ujian Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Tidak terasa sudah 5 minggu saya dan teman-teman peserta BISA Angkatan 33 mengikuti Program BISA. Ternyata, tidak mudah bertahan dalam grup dan terus melanjutkan pembelajaran. Hal ini terbukti hanya dengan tersisanya 12 tholibah di grup 33.12 dari yang asalnya 24 orang. Jadi program ini memang ketat dan disiplin dalam mendidik pelajarnya untuk bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula. Jangan khawatir, bagi pelajar yang bisa mengikuti materi dengan baik dan mengerjakan setiap tugas, TO, maupun ujian, insya Allah bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula ini dengan baik. Nah, syarat-syarat untuk mengikuti ujian Program BISA ini ada 2: 1. Mengikuti TO yang diselenggarakan di hari Sabtu/Minggu di pekan kelima (tanggal 5/6 Mei 2018) jam 15-18.30 WIB. 2. Menyetor hapalan 50 fi'il bebas (bab berapapun, boleh fi'il mu'tal) yang terdiri dari: fi'il madhy, fi'il mudhari, mashdar, beserta artinya. Boleh dicicil

Cover Sepatu dengan Rajutan

Karena ini cover so pasti sepatu hrs dr bhn yg lunak spy mudah di tusuk dg hook lancip uk no 10-12 merk rose Pilihan ada pd sepatu karet,,murah, bs di beli di pasar tradisional,,hrg sepasang bervariasi mulai 15rb ( trepes) hingga yg 35rb an ada hak nya  Sepatu gakbharus berlubang ,,polos juga bisa spt cth di (bawah) Benang yg dipakai adlah polychery dan sejenisnya atau nilon,,tp sy lbh suka polystwr krn lbh lentur dan gak sakit di tangan Hook yg dipakai no 2 atau 1 kalau merk rose ( saya belajar nya pake itu) maka spy gak sakit tangannya hook itu saya sambung dgn gagang sikat gigi Ok,,, saat kita.mau merajut,, sepasang sepatu karet, korek api buat memutus benang, hook kecil yg buat melubang dan hook yg utk merajut ( no 10 ) utk melubangi alas sepatu  Istilah mengesol ( membuat sol ) adalah menjahit sekeliling alas sepatu untuk cantolan saat merajut ke badan sepatu  Setelah sepatu di lubangi ( untuk.ngesol ) dengan benang yg sama utk dg.warna sepatu lbh baik, jarak.lubang