Langsung ke konten utama

Makhrijul Huruf Tsa, Jim, Ha, dan Kho (Pertemuan Ketiga)

Bismillahirrahmanirrahim.

Pertemuan ketiga pada Hari Sabtu, 3 Februari 2024 dimulai pukul 8:15 am sampai 10:15 am EST. Materi dimulai dengan motivasi untuk terus membaca Al-Quran sekalipun masih belum lancar. Materi selanjutnya adalah mengulang kembali sifat-sifat huruf yang dilanjutkan dengan membahas makhrijul huruf tsa (ث), jim(ج), ha(ح), dan kho(خ).

Makhrijul Huruf Tsa (ث)

Tempat keluar

Punggung ujung lidah (bagian atas) bertemu dengan ujung dua gigi seri atas dengan ujung lidah keluar sedikit di antara gigi seri atas dan bawah.

Sifat huruf

1. Istifal: (pangkal) lidah tidak naik ke langit-langit
2. Infitah: lidah tidak naik
3. Rokhowah: suara mengalir lepas tanpa disiap-siapkan terlebih dahulu
4. Ishmat: diucapkan dengan hati-hati
5. Hams: ada hembusan nafas
6. Tarqiq (tipis): rongga mulut tidak dipenuhi gema udara

Selanjutnya, mentee membaca huruf dalam diktat I'dad secara bergantian.

Catatan untuk diri sendiri: ingat sifat huruf tsa itu rokhowah, jadi harus mengalir. Jangan sampai tertahan sss dulu. Ujung lidah keluar sedikit untuk memastikan makhrajnya.

Penyebutan huruf hijaiyah tanpa harakat, kita sebut namanya ba' ta' tsa' jim ha' kho' (ada hamzah matinya).

Makhrijul Huruf Jim (ج) 

Tempat keluar

Tengah lidah naik dan menempel ke langit-langit.

Sifat huruf

1. Istifal: pangkal lidah tidak naik ke langit-langit
2. Infitah
3. Syiddah: aliran suaranya tertekan (tertahan) pada makhraj
4. Ishmat
5. Jahr: pengucapan suara jelas, tanpa ada hembusan nafas
6. Tarqiq: tipis
7. Qalqalah: ada pantulan suara ketika berharakat sukun

Catatan: tidak ada sifat hams di atas. Bagi orang yang pengucapan huruf j-nya berat (medok), harus diperhatikan supaya lebih ringan.

Tips untuk qalqalah: posisi lidah pada makhraj, lalu lidah dilepas cepat tanpa ada jeda maupun penambahan suara e. Dilakukan dengan merilekskan lidah. Bisa juga berlatih dengan mengucapkan aj-je tapi dipercepat dan mengalir. Pastikan juga untuk tidak cepat-cepat mengucapkan huruf setelahnya. Kira-kira suara qalqalahnya sepanjang satu harakat (seperti mengucapkan satu huruf berharakat baru).

Catatan untuk diri sendiri: setelah diperhatikan, pengucapan huruf dalam Bahasa Arab justru lebih mirip orang bule. Ta ada hams (kayak Cinta Laura). Jim juga terdengar agak cadel.


Makhrijul Huruf Ha (ح)

Tempat Keluar

Tenggorokan bagian tengah (di bagian leher di belakang dagu, akan terasa sedikit cekungan. Di sana getarannya terasa, yaitu pada katup tenggorokan). Mirip tempat keluarnya huruf 'ain (ع).

Sifat Huruf

1. Istifal: lidah tidak naik
2. Infitah
3. Rokhowah: suara mengalir lepas tanpa disiap-siapkan dulu
4. Ishmat: diucapkan dengan hati-hati
5. Hams
6. Tarqiq

Catatan: sifat huruf ini rokhowah jadi tidak perlu ditahan hhh-nya dulu. Langsung keluar mengalir saja dan rileks. Pengucapan huruf ini memang perlu kehati-hatian tetapi pastikan suaranya cepat keluar dan jangan sampai ada udara mengumpul di dalam mulut (karena sifatnya hams).

Tips: nafasnya dikeluarkan dengan cepat, sedikit dihentak, gunakan nafas perut (jadi perutnya ditarik ke dalam dengan cepat untuk membunyikan suara hhh-nya)


Makhrijul Huruf Kho (خ)

Tempat keluar

Tenggorokan atas. Lidah paling dalam (akar lidah) naik dan menempel langit-langit berdaging dan menutup jalur udara antara tenggorokan dan mulut.

Sifat huruf

1. Isti'la: pangkal lidah diangkat
2. Infitah: lidah bagian tengah ke depan datar
3. Rokhowah: suara mengalir lepas tanpa disiap-siapkan dulu
4. Ishmat: diucapkan dengan hati-hati
5. Hams: ada hembusan nafas
6. Tafkhim: tebal, ada gema udara tapi tidak mengumpul di dalam mulut

Catatan: sifat huruf ini rokhowah jadi jangan sampai terdengar suara kh- kh- kh- sebelum mengucapkan huruf. Langsung dikeluarkan saja suaranya. (Jangan jadi syiddah)

Meskipun pangkal lidah menutup jalur udara antara tenggorokan dan mulut, tidak perlu sampai membuat leher bergetar.

Sifat tafkhim memang terdengar seperti "o" ketika berharakat fathah, tetapi jangan sampai bibir menjadi manyun. Bibir tetap rileks seperti mengucapkan huruf tarqiq yang berharakat fathah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal TO Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di sini saya akan share soal TO khusus tashrif ayat Al-Quran beserta kunci jawabannya sebagai latihan. بسم الله الرحمن الرحيم    📚  Soal Try Out Sabtu  🖊                🖋 Angkatan 33 📒                   🗓 Sabtu,  5 - Mei -  2018 🕰 Pk. 16.00 sd 18.00 WIB 💦💦💦💦💦💦💦💦💦 Silahkan Tashrif Isthilahy Surah Ali Imran (3) Ayat 47 ➖ 56 ✍ Temukan sebanyak mungkin kata yang bisa ditashrif (kata yang tashrifnya sesuai dengan wazan yang telah kita pelajari). Bisa dalam bentuk fiil, mashdar, isim fail dan isim maful. ✍ Kata yang ditashrif hanya Fi'il Shahih, abaikan Fi'il Mu'tal (kecuali untuk Fi'il Tsulatsy Mazid yang mengandung Huruf Illah dan tidak mengubah bentuk tashrif, Silahkan ditashrif) ✍ Tugas antum menentukan FI'IL MADHI-nya, kemudian  TASHRIF ISHTILAHIY dari fiil madhi hingga fiil nahiy. Silakan coba dijawab dulu, berikut ini kunci jawabannya: 🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝 KJ TRY OUT SABTU

TO dan Ujian Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Tidak terasa sudah 5 minggu saya dan teman-teman peserta BISA Angkatan 33 mengikuti Program BISA. Ternyata, tidak mudah bertahan dalam grup dan terus melanjutkan pembelajaran. Hal ini terbukti hanya dengan tersisanya 12 tholibah di grup 33.12 dari yang asalnya 24 orang. Jadi program ini memang ketat dan disiplin dalam mendidik pelajarnya untuk bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula. Jangan khawatir, bagi pelajar yang bisa mengikuti materi dengan baik dan mengerjakan setiap tugas, TO, maupun ujian, insya Allah bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula ini dengan baik. Nah, syarat-syarat untuk mengikuti ujian Program BISA ini ada 2: 1. Mengikuti TO yang diselenggarakan di hari Sabtu/Minggu di pekan kelima (tanggal 5/6 Mei 2018) jam 15-18.30 WIB. 2. Menyetor hapalan 50 fi'il bebas (bab berapapun, boleh fi'il mu'tal) yang terdiri dari: fi'il madhy, fi'il mudhari, mashdar, beserta artinya. Boleh dicicil

Cover Sepatu dengan Rajutan

Karena ini cover so pasti sepatu hrs dr bhn yg lunak spy mudah di tusuk dg hook lancip uk no 10-12 merk rose Pilihan ada pd sepatu karet,,murah, bs di beli di pasar tradisional,,hrg sepasang bervariasi mulai 15rb ( trepes) hingga yg 35rb an ada hak nya  Sepatu gakbharus berlubang ,,polos juga bisa spt cth di (bawah) Benang yg dipakai adlah polychery dan sejenisnya atau nilon,,tp sy lbh suka polystwr krn lbh lentur dan gak sakit di tangan Hook yg dipakai no 2 atau 1 kalau merk rose ( saya belajar nya pake itu) maka spy gak sakit tangannya hook itu saya sambung dgn gagang sikat gigi Ok,,, saat kita.mau merajut,, sepasang sepatu karet, korek api buat memutus benang, hook kecil yg buat melubang dan hook yg utk merajut ( no 10 ) utk melubangi alas sepatu  Istilah mengesol ( membuat sol ) adalah menjahit sekeliling alas sepatu untuk cantolan saat merajut ke badan sepatu  Setelah sepatu di lubangi ( untuk.ngesol ) dengan benang yg sama utk dg.warna sepatu lbh baik, jarak.lubang