Langsung ke konten utama

Bisnis Unik Modal Kecil dengan Untung Besar

Barangkali, aku ini suka brainstorming dan berandai-andai sejak SMP. Makanya sering nulis cerita di buku, walaupun gak pernah kepikiran buat ngikutin tulisan ke lomba yang besar atau ngirim ke penerbit. Tapi, ada aja ide-ide iseng yang aku pikirin dengan serius dan aku enjoy mikirin dengan serius setiap detailnya wkwk


Salah satunya, aku punya ide bisnis unik. Mungkin aku terinspirasi dari buffet all you can eat yang biasa aku kunjungi kalau lagi nginep di hotel. Terus, aku kepikiran, gimana kalau aku buat kedai es campur, tapi pembelinya nyampur bahan-bahannya sendiri? 


Ilustrasi es campur. Sumber shutterstock.com


Alasan aku kepikiran hal ini karena aku liat, es campur itu banyak banget ragamnya di Indonesia. Namanya banyak dan perbedaannya hanya terletak dari komposisinya. Kalau gitu, kenapa cuma jualan satu jenis kalau bisa jualan semua jenis dengan aku cukup menyajikan bahan-bahannya? Silakan pembeli berkreasi sendiri. 


Aku bahkan sampai udah ngedaftar apa aja bahan es campur yang dipajang. Mulai dari segala jenis buah-buahan, tape, segala jenis cincau, mutiara, hingga roti. Cuma ya, karena brainstorming pas SMP, catetannya udah ilang, ga tau ke mana. Padahal waktu itu udah punya blog, ya. Lupa ditulis di sini wkwkwk


Aku bahkan udah bikin rencananya. Awal bisnis pakai gerobak kaki lima dulu. Ngejajainnya di lapangan deket orang biasa lari pagi hari Minggu. Atau pas ada event besar di sekitar Bandung. Kalau udah terkumpul modalnya, mulai beli kedai atau ruko di area pasar. 


Duh, gara-gara nulis ini aku jadi kangen sama es campur. Tinggal di luar negri bikin kangen sama makanan yang kesannya remeh di Indonesia. I took it for granted.


Kalau di Indonesia, pingin bakso, tinggal keluar rumah dan jalan dikit aja udah nemu mamang jualan bakso. Lah, di sini, biar bisa ngerasain bakso sapi yang rasanya mirip dan halal, kudu bikin sendiri :')


Oh ya, jadi rencana bisnisnya kayak gini. Namanya "Es Campur Sendiri" atau disingkan "Secari". Di dalam kedai, di deket pintu ada kasir. Jadi, orang yang mau beli langsung bayar dulu Rp 5.000,- per mangkok. Ukuran mangkoknya yang kayak mangkok bakso. Terus nanti pembeli menuju meja prasmanan. 


Mejanya itu panjang dan memajang minimal lima puluh jenis bahan. Ya, aku seambis itu wakakak. Setiap pembeli bisa ngambil bahan-bahan dari kedua sisi. Lalu, pengunjung boleh ngambil sepuasnya! Soalnya aku yakin, harga segitu udah ngasih untung yang cukup. 


Setidaknya ada tiga alasan kenapa harga segitu udah cukup menguntungkan. Pertama, aku gak perlu punya banyak pegawai. Cukup satu orang jaga kasir dan satu orang ngecek kalau ada yang kosong dari meja prasmanan. Buat persiapan sebelum kedai buka, cukup dilakukan oleh dua orang itu aja. 


Alasan kedua, harga bahan-bahan es campur gak ada yang mahal. Paling durian aja. Kan gak mungkin es campur dikasih caviar juga wkwkwk. Nah, alasan terakhir, pembeli gak bakal ngambil banyak-banyak dan berulang kali. Emangnya gak enek kebanyakan makan es campur? 😅


Buat cuci piring, pakai dishwasher aja. Haha modal banget, yak? Malah kalau perlu, buat kasirnya pakai sistem otomatis aja. Toh cuma bayar pakai kartu atau uang tunai, ambil mangkok yang ada barcode-nya. Beres deh. Serba self service. Bisa juga cukup dalam bentu vending machine. 


Tapi kalau mau rada ribet dikit,  bisa dibuat menu yang rada nyentrik. Misalnya, es janda merah. Isinya semua yang merah: pacar cina, semangka, manisan kolang-kaling warna merah, stoberi, dan lain-lain. Kalau kayak gini, jadi perlu pegawai tambahan yang ngeramu. 


Beginilah cita-citaku waktu SMP. Punya bisnis unik modal kecil dengan untung besar sebagai pedangan es campur. Kadang cita-citaku bisa sesederhana ini atau serumit menjadi peneliti yang membuat time machine. Masa kecil memang menyenangkan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal TO Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33 - Tashrif Ayat Al-Quran

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Di sini saya akan share soal TO khusus tashrif ayat Al-Quran beserta kunci jawabannya sebagai latihan. بسم الله الرحمن الرحيم    📚  Soal Try Out Sabtu  🖊                🖋 Angkatan 33 📒                   🗓 Sabtu,  5 - Mei -  2018 🕰 Pk. 16.00 sd 18.00 WIB 💦💦💦💦💦💦💦💦💦 Silahkan Tashrif Isthilahy Surah Ali Imran (3) Ayat 47 ➖ 56 ✍ Temukan sebanyak mungkin kata yang bisa ditashrif (kata yang tashrifnya sesuai dengan wazan yang telah kita pelajari). Bisa dalam bentuk fiil, mashdar, isim fail dan isim maful. ✍ Kata yang ditashrif hanya Fi'il Shahih, abaikan Fi'il Mu'tal (kecuali untuk Fi'il Tsulatsy Mazid yang mengandung Huruf Illah dan tidak mengubah bentuk tashrif, Silahkan ditashrif) ✍ Tugas antum menentukan FI'IL MADHI-nya, kemudian  TASHRIF ISHTILAHIY dari fiil madhi hingga fiil nahiy. Silakan coba dijawab dulu, berikut ini kunci jawabannya: 🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝🔑🗝 KJ TRY OUT SABTU

TO dan Ujian Ilmu Sharaf - BISA Angkatan 33

Bismillah... Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh! Tidak terasa sudah 5 minggu saya dan teman-teman peserta BISA Angkatan 33 mengikuti Program BISA. Ternyata, tidak mudah bertahan dalam grup dan terus melanjutkan pembelajaran. Hal ini terbukti hanya dengan tersisanya 12 tholibah di grup 33.12 dari yang asalnya 24 orang. Jadi program ini memang ketat dan disiplin dalam mendidik pelajarnya untuk bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula. Jangan khawatir, bagi pelajar yang bisa mengikuti materi dengan baik dan mengerjakan setiap tugas, TO, maupun ujian, insya Allah bisa menguasai ilmu sharaf untuk pemula ini dengan baik. Nah, syarat-syarat untuk mengikuti ujian Program BISA ini ada 2: 1. Mengikuti TO yang diselenggarakan di hari Sabtu/Minggu di pekan kelima (tanggal 5/6 Mei 2018) jam 15-18.30 WIB. 2. Menyetor hapalan 50 fi'il bebas (bab berapapun, boleh fi'il mu'tal) yang terdiri dari: fi'il madhy, fi'il mudhari, mashdar, beserta artinya. Boleh dicicil

Cover Sepatu dengan Rajutan

Karena ini cover so pasti sepatu hrs dr bhn yg lunak spy mudah di tusuk dg hook lancip uk no 10-12 merk rose Pilihan ada pd sepatu karet,,murah, bs di beli di pasar tradisional,,hrg sepasang bervariasi mulai 15rb ( trepes) hingga yg 35rb an ada hak nya  Sepatu gakbharus berlubang ,,polos juga bisa spt cth di (bawah) Benang yg dipakai adlah polychery dan sejenisnya atau nilon,,tp sy lbh suka polystwr krn lbh lentur dan gak sakit di tangan Hook yg dipakai no 2 atau 1 kalau merk rose ( saya belajar nya pake itu) maka spy gak sakit tangannya hook itu saya sambung dgn gagang sikat gigi Ok,,, saat kita.mau merajut,, sepasang sepatu karet, korek api buat memutus benang, hook kecil yg buat melubang dan hook yg utk merajut ( no 10 ) utk melubangi alas sepatu  Istilah mengesol ( membuat sol ) adalah menjahit sekeliling alas sepatu untuk cantolan saat merajut ke badan sepatu  Setelah sepatu di lubangi ( untuk.ngesol ) dengan benang yg sama utk dg.warna sepatu lbh baik, jarak.lubang